Skip to main content

Resep Ongol-ongol Gula Merah, Senang Lihat Paksuami Sedang Menikmati Enaknya Kue Tradisional Ini

Hai Bunda, mau bikin jajanan lezat yang mudah, murah, dan sehat? Jangan lupa kita punya makanan lokal yang enak lho… Ongol-Ongol Gula Merah, sudah sangat jarang ditemui baik di penjual makanan ataupun hidangan di rumah-rumah. Mungkin juga sudah banyak yang lupa ya, Bun. Gak ada salahnya dong kalau Bunda membuatnya untuk keluarga di rumah.

Ongol-Ongol Gula Merah ini mudah sekali cara membuatnya, plus bahan-bahannya cukup sederhana sehingga mudah didapat. Dengannya Bunda akan kembali merasakan sensasi lezat manis legitnya bertemu gurihnya kelapa parut. Untuk resepnya Bunda bisa lihat di bawah ini ya.

Ongol-ongol Gula Merah

Bahan Bahan 1:

350 gr gula merah

150 gr gula pasir

900 cc air bersih

5 lbr daun pandan

1/2 sdt garam

Note: Masak sampai gula larut dan mendidih (sisihkan)

Bahan Bahan 2:

500 gram sagu tani

500 cc santan (dari 1 butir kelapa)

1/2 sdt vanili

1 sdm minyak

Cara Membuat Ongol-ongol Gula Merah

Campur semua bahan 2 aduk rata, tuang bahan 1 (cairan gula merah) yang masih panas, aduk rata, saring

Panaskan dandang, siapkan loyang 24x24 cm, oles tipis dengan minyak

Kukus adonan per lapis atau sekaligus sesuai selera, kukus sampai matang, dingin baru dipotong balur dengan kelapa parut yang terlebih dahulu dikukus

Ongol-Ongol Gula Merah siap disantap, nikmat banget ditemani minuman dingin bareng-bareng keluarga di rumah. Semoga bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar