Skip to main content

Resep Tempe Mendol Khas Malang Dan Tips Menggoreng Anti Ambyar

Kuliner khas Jawa Timur tak cuma Rawon, tapi masih ada Tempe Mendol yang juga lezat. Apa itu Tempe Mendol? Bagi Bunda yang tinggal di luar Jawa Timur, banyak yang belum mengenal Tempe Mendol semengenal mereka dengan Rawon. Padahal Mendol ini di kota Malang biasanya disantap saat menikmati semangkok Rawon yang hangat, atau cukup dimakan sendiri sebagai camilan.

Mendol sendiri dibuat dari tempe kacang kedelai yang dikukus, lalu ditumbuk kasar. Tapi bukan sembarang tempe, Mendol menggunakan tempe kacang kedelai yang sudah terlalu matang fermentasinya, atau orang Jawa bilang “tempe semangit”. Itu kenapa tampilan Tempe Mendol berwarna coklat gelap. Aroma semangit berpadu dengan rasa segar kencur, wangi daun jeruk dan rasa pedas cabai akan langsung tertangkap begitu gigitan pertama, dan cukup satu kata untuk melukiskannya.. “wuenak”!!

Ingin mencoba menghadirkannya di rumah? Membuat adonan Mendol itu tak sulit, tapi banyak orang yang gagal saat masuk tahap menggorengnya, karena tanpa menggunakan bahan pengikat apapun (misal telur, tepung-tepungan) Tempe Mendol bisa langsung ambyar atau hancur begitu masuk ke dalam minyak. Harus tahu tips nya! Nah simak resep dan tips suksesnya membuat Tempe Mendol berikut ini:

Tempe Mendol 

Bahan-bahan

1 papan tempe 250 gr

Bumbu Halus

3 siung bawang putih

2 biji cabe rawit

1 cm legkuas

seruas kencur

2 sdt ketumbar

2 lembar daun jeruk buang tengahnya

sejimpit gula pasir

garam secukupnya

minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Tempe Mendol 

Tumbuk agak kasar tempe pakai ulekkan, campur sama bumbu halus cicipi rasa, bentuk sesuai selera atau kepal-kepal sampai adonan habis.
Panaskan minyak, goreng sampai kering atau kuning kecoklatan, sekali balik saja biar mendol tidak hancur, angkat tiriskan.

Note: Ciri khas tempe Mendol adalah rasa dan aroma semangit tempe. Inapkan tempe yang sudah matang fermentasinya selama 2 – 3 hari di suhu ruang hingga setengah busuk (bukan busuk).

Tips Sukses Menggoreng Mendol

Pastikan mendol sudah dikepal-kepal sedikit ditekan-tekan.

Panaskan minyak, sampai benar-benar panas, jika kurang panas, alamat mendol pasti hancur.

Gorenglah dengan minyak agak banyak, biar semua mendol terendam minyak.

Dan yang terpenting, saat memasukkan mendol dalam wajan isinya jangan terlalu banyak, karena berpengaruh pada suhu minyak yanga akan turun dan mendol pasti gampang sekali hancur.

Goreng dengan sekali balik, jangan sering dibolak-balik, akan rentan hancur karena tekstur mendol sangat rapuh jika sudah masuk penggorengan.

Nah itulah resep dan tips cara menggorengnya supaya Bunda sukses menyajikan Tempe -Mendol yang lezat dan cantik menggoda selera di atas meja makan di rumah. 

Selamat mencoba!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar