Skip to main content

Resep Tekwan Ikan. Rasanya Ini Beneran Uenaaakkk Bangetttt Loh Guys, Mantul Deh Pokoknya Makkk

Akhirnya diriku bisa juga nih bebikin Tekwan Ikan yg pas sesuai seleraku dan mnurutku rasanya ini beneran uenaaakkk bangetttt loh guys, mantul dehπŸ‘

So, buat teman-teman yg doyan makan tekwan juga boleh cobain bebikin sendiri dgn resepku ini ya mana tau slera kita sama 😚
Selera wong kito galo ❤️

TEKWAN IKAN
ala @silvialim18

Bahan pentol tekwan:

250 gr daging ikan tenggiri, haluskan

200 ml air dingin

1 butir putih telur

1.5 sdt garam

1 sdt gula

1/2 sdt merica

1/2 sdm minyak sayur

250 gr tepung sagu tani

Cara Membuat Tekwan Ikan

1. Didihkan air u/merebus, berikan 1 sdt garam+1 sdm minyak sayur

2. Campur dan aduk rata semua bahan pentol diatas secara bertahap hingga menjadi satu adonan.

3. Stelah itu bentuk sesuai selera lalu rebus deh pentolnya hingga mengapung matang. Angkat dan tiriskan.

Bahan kuah tekwan:

15 siung bwg merah + 8 siung bwg putih, haluskan

200 gr daging udang segar, cincang kasar

75 gr kepala udang segar, cuci bersih

3 L Air

Bengkuang, banyak & potong sesuai selera

Jamur kuping, banyaknya sesuai selera; rendam dgn air panas hingga jamurnya mekar lalu potong sesuai selera

2 sdt kaldu jamur bubuk

1 sdt merica

2 sdt gula

4 sdt garam

Ebi bubuk sesuai selera jika suka

Minyak goreng secukupnya

Pelengkap: Soun yg sudah direbus, daun seledri, timun, bawang goreng, kecap manis/asin dan sambal.

Cara masak:

1. Didihkan 3 L air, lalu masukkan potongan bengkuang & jamur kupingnya, didihkan lagi.

2. Panaskan minyak, tumis bwg merah putih yg sudah dihaluskan hingga wangi lalu masukkan potongan udang cincangnya, tumis hingga udang berubah warna lalu masukkan kepala udang, tumis lagi hingga matang.

3. Setelah itu masukkan tumisan udangnya ke dalam kuah yg berisi bengkuang & jamur, aduk rata. Berikan kaldu bubuk, garam, gula dan merica. Aduk rata, icip koreksi rasanya; kalo ada rasa yg kurg boleh tambahkan sendiri & jika suka boleh tambahkan bubuk ebi secukupnya ya.

4. Terakhir, masak kembali dgn menggunakan api kecil saja hingga kuahnya matang mendidih.

5. Penyajian: tata soun & pentol tekwannya dalam mangkok lalu siram dgn kuah tekwan yg panas trus berikan bahan pelengkap lainnya sesuai selera πŸ˜‹

Selamat mencoba
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar