Skip to main content

Resep Kue Cucur Gula Merah Empuk

Kue favorit sepanjang masa. Baru kali ini nemu resep cucur yang empuk banget, ga pake cape keplok keplok adonan dan gak pake lama. Dijamin anti gagal. Yuk ahh cobain 😍

Kue Cucur Gula Merah Empuk by Aditya Damayanti

Bahan-bahan:

125 gr tepung beras

100 gr terigu protein sedang (segitiga)

130 gr gula merah

50 gr gula pasir

200 ml air

1 lembar daun pandan

1/4 sdt garam

Cara membuat:

1. Rebus gula merah, gula pasir, air, daun pandan dan garam hingga larut lalu saring. Biarkan sampe hangat.

2. Campurkan tepung beras dan tepung terigu dalam wadah. Masukkan larutan gula yg telah disaring. Aduk hingga rata menggunakan whisk lalu mikser dengan speed rendah selama 5 menit.

3. Istirahatkan adonan selama 15 menit. Aduk kembali menggunakan whisk. Kalau adonan terlalu kental bs ditambah air sedikit demi sedikit agar konsistensi adonan pas (pas dalam artian tidak encer dan tidak kental).

4. Panaskan secukupnya minyak goreng dalam wajan cekung. Aduk kembali adonan menggunakan whisk sebelum menggoreng.

5. Tuang satu sendok sayur kedalam minyak yg sudah panas. Siram siram atasnya.

6. Tusuk dengan lidi tengahnya. Apabila sudah tidak ada adonan yg keluar tandanya cucur sudah matang. Angkat dan tiriskan.

NOTE: Jangan memakai minyak terlalu banyak, secukupnya saja. Minyak harus sudah panas tapi mememakai api kecil agar kue cucur bisa berserat bagus dan tipis.

Selamat mencoba

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar