Skip to main content

Resep Kue Kastengel Coklat Putih. Gurih, Manis dan Asin Jadi Satu Nyam Nyamm

Ramadhan sudah tiba. Selain sibuk beribadah, para bunda juga sudah harus mulai mempersiapkan segala sesuatunya untuk lebaran nanti. Salah satunya adalah menyiapkan camilan dan kue untuk para tamu yang bersilaturahmi.

Salah satu kue andalan Hari Raya adalah kastengel. Kue yang empuk dan renyah ini memiliki rasa asin gurih yang biasanya diberi taburan keju parut di atasnya. Tapi kali ini kita akan mencoba resep yang sedikit berbeda hasil racikan bunda Maryam maeco. Resep kastengel kali ini tidak menggunakan keju, melainkan coklat putih yang dicairkan. Rasanya berpadu antara asin-gurih dengan manis. Kue ini akan mampu menarik perhatian para tamu karena tampilan dan rasanya yang berbeda dari biasanya. Yuk langsung kita cobain aja.

Kastengel Coklat Putih

Bahan-bahan:

250 gram tepung terigu

100 gram keju

80 gram margarin

50 gram tepung tapioka

3 kuning telur 

Cara Membuat Kastengel Coklat Putih

Siapkan wadah, lalu masukkan terigu dan tapioka. Aduk sampai rata.

Tambahkan kuning telur, parutan keju dan margarin. Uleni sampai rata dan kalis. Jika dirasa kurang kalis, bisa diatasi dengan menambah margarin pada adonan.

Pipihkan adonon di tempat datar menggunakan penggilingan tangan atau botol kaca. Kemudian potong-potong persegi panjang seperti pada gambar.

Susun adonan kastengel di loyang yang sudah diolesi mentega, lalu olesi bagian atasnya dengan kuning telur.

Panggang adonan di dalam oven dengan suhu 180° selama kurang lebih 30 menit atau sampai matang. Jika tidak ada oven, bisa menggunakan teflon seperti pada gambar.

Khusus untuk penggunaan teflon, pastikan menggunakan api kecil dan di tutup teflonnya. Setelah 30 menit, balik kue kastengel dan panggang lagi selama 5 menit.

Setelah matang, angkat dan dinginkan. Kemudian hiasi dengan coklat putih yang sudah dicairkan.

Selesaiii! Cukup mudah kan? Coklat putih bisa diganti dengan coklat biasa jika memang tidak ada.

Selamat mencoba yaa..! Semoga berhasil!

Resep: Maryam maeco

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar