Skip to main content

Resep Bubur Kacang Hijau By Fridajoincoffee

Menu takjil yg ga pernah absen dari jaman ke jaman .. bubur kacang hijau. Paling mudah, murah meriah, dan mengenyangkan maaakkk .. 1 resep pun jadinya 1 panci gede. Kalo sisa bisa dibikin es mambo. Alhamdulillaah. .. ..

Bubur Kacang Hijau By @fridajoincoffee

Bahan-bahan:

250 gr kacang hijau

2 lembar daun pandan, simpulkan

2 ruas jahe, geprek

2 liter air

250 gr gula jawa (me: gula aren)

½ sdt garam

2 sachet santan instan (@ 65ml)

Cara Membuat:

1. Cuci bersih kacang hijau, lalu rendam air biasa selama 1 jam.

2. Rebus 2 liter air dengan daun pandan dan jahe geprek, rebus hingga mendidih.

3. Masukkan kacang hijau, rebus selama 5 menit. Kemudian matikan api kompor, tutup rapat panci, diamkan selama 30 menit.

4. Kemudian nyalakan kembali api kompor, rebus kembali kacang hijau ditambah gula jawa dan garam, juga santan. Rebus sambil diaduk² supaya santan tidak pecah. Rebus hingga empuk dan merekah kurang lebih 7-10 menit atau lebih.

5. Sajikan bubur kacang hijau.

Note:

1. Jika ingin dibuat es mambo, rebusan terakhir bisa ditambahkan larutan 1 sdm maizena + 50ml air. Aduk rata hingga mengental. Tujuan penambahan maizena supaya tekstur es mambo lebih lembut.

2. Cetak dengan cetakan es loly, simpan freezer sampai beku.

3. Cara melepaskan es dari cetakan, bagian bawah cetakan bilas dengan air kran mengalir, cukup sebentar saja, es akan segera terlepas dari cetakan.

Selamat mencoba

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar